//
you're reading...
Contest

7 Alasan Ngeblog dari Masa ke Masa

alasan-ngeblog

Ada beraneka ragam pertanyaan yang datang ketika saya ngeblog hingga saat ini. Mulai dari apa itu ngeblog, apa manfaatnya, apakah ngeblog itu mudah dilakukan dan aneka ragam pertanyaan lainnya. Selama ini saya bisa menjawab beberapa pertanyaan tersebut meskipun jawaban yang diberikan justru menimbulkan pertanyaan baru. Itu artinya si penanya antusias untuk mendalami dunia blogging dan membuktikan bahwa hobi ngeblog itu menarik karena semakin banyak orang awam penasaran dengan aktivitas yang saya lakukan.

Tetapi apabila ditanya apa sebenarnya alasan saya ngeblog, saya malah jadi bingung sendiri. Namun satu yang pasti, saya ngeblog karena ingin berbagi, sama seperti teman-teman blogger lainnya. Saya percaya bahwa ngeblog adalah salah satu sarana berbagi paling mudah dan insyaaAllah mendatangkan berkah bagi sang blogger itu sendiri apabila tulisan tersebut bermanfaat bagi orang lain. Dan akan lebih terasa indah lagi jika tulisan yang dihasilkan dapat menginspirasi orang lain.

Nah, berangkat dari itu semua, sebenarnya ada beberapa alasan yang membuat saya suka ngeblog. Ada beberapa alasan dari masa ke masa yang dulunya simple dan terus bertambah seiring dengan waktu ketika menekuni dunia blogging. #SayaNgeblogKarena:

1. Ngeblog untuk Mengisi Waktu (2010-2011)

Tahun 2010 adalah tahun pertama saya mulai ngeblog. Waktu itu saya baru saja resign dari perusahaan untuk mengikuti suami berdinas di area kebun tebu yang jauh dari mana-mana. Bagi orang yang terbiasa dengan kesibukan lalu tiba-tiba stagnan, tentu membuat orang tersebut jenuh karena kehidupannya telah berubah 180 derajat. Saat itu saya merasa jetlag, bingung dan cukup stress karena tidak melakukan apapun. Beruntung suami mengenalkan saya pada sebuah web log gratisan dengan menggunakan platform WordPress. Blog yang digunakan menulis tulisan ini adalah cikal bakal kegiatan saya untuk aktif dalam dunia blogging.

Melalui blog ini, saya mulai mengisi hari untuk lebih memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang berguna. Ini adalah alasan pertama saya untuk ngeblog dan ternyata membuat saya menekuni dunia blogging hingga saat ini.

alasan-ngeblog

2. Berbagi Cerita Sehari-Hari (2011-2012)

Semakin lama, saya mulai ketagihan untuk ngeblog. Dari hal sepele sampai hal bermanfaat, saya tuliskan semuanya di dalam blog. Awalnya, saya menceritakan kehidupan sehari-hari ketika merantau bersama suami di kebun tebu. Lama-kelamaan saya mulai menuliskan beberapa aktifitas sehari-hari yang bermanfaat bagi orang lain seperti ketika menuliskan pengalaman mengandung dan melahirkan, membuatkan MPASI, hingga beternak kelinci yang ternyata sangat bermanfaat hingga saat ini. Ada saja orang yang bertanya dan berkirim email terkait informasi dalam tulisan tersebut. Rasanya cerita sehari-hari yang dituliskan menjadi tidak hanya sekedar tulisan saja apabila dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Siapa sangka, niat awal ingin berbagi cerita sehari-hari ternyata dapat memberikan informasi bagi orang yang berkunjung ke dalam blog.

3. Dapat mengasah Kemampuan Melalui Lomba Blog (2012-Sekarang)

Pertengahan tahun 2012, wawasan saya dalam dunia blogging mulai terbuka. Waktu itu adik kelas saya bernama Armita (dadah-dadah ke Mita) pemilik blog www.armitaconsultant.com memenangkan sebuah lomba blog. Mita mengatakan kalau blog yang saya miliki ini bisa banget dimanfaatkan untuk mengikuti lomba sambil mengasah kemampuan. Sama seperti yang dikatakan oleh Mita, pak suami saya juga menyarankan untuk mencoba ikut lomba blog daripada hanya menghasilkan tulisan sehari-hari saja supaya wawasannya bertambah. Jadi, kalau ada yang bertanya kenapa saya suka banget ikutan lomba, itu gara-gara mereka berdua ya hehe.

Dan ternyata walaupun pada awalnya seringkali kalah dalam lomba blog, saya jadi bisa mengasah kemampuan untuk menghasilkan sebuah tulisan hingga akhirnya ketagihan untuk berlomba lagi. Paling tidak hingga tulisan ini diterbitkan, saya masih sering mengikuti lomba blog. Terasa banget deh wawasan saya bertambah setelah mengikuti lomba karena dengan mengikuti lomba, saya dipaksa untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya.

alasan-ngeblog

4. Ngeblog dapat Menambah Teman (2013-Sekarang)

Tahun 2013 adalah tahun dimana saya mulai mengenal komunitas blogger. Saya senang sekali karena ternyata blog dan bloggernya memiliki wadah untuk saling berinteraksi dan bersilaturahim. Banyak hal yang saya dapatkan ketika berkomunitas, selain menambah teman juga dapat menambah ilmu.

Menambah teman tidak hanya melalui komunitas, dengan melakukan blog walking ke blog teman blogger lainnya ternyata membuat yang tadinya tidak kenal jadi kenalan lho, bahkan ada yang berjodoh *eh. Ini adalah salah satu alasan kenapa saya ngeblog yang sangat saya sukai: menambah teman dan saudara.

5. Ingin Membantu Menyebarkan Semangat Menghijaukan Bumi (2014-Sekarang)

Sewaktu sedang menjalani pendidikan dan latihan di Lembang pada tahun 2013 lalu, saya diberikan kesadaran oleh dosen yang mengajar saat itu kalau seorang penyuluh tidak hanya diwajibkan untuk menyebarkan informasi dan teknologi kepada petani saja, tetapi juga untuk masyarakat umum. Lalu saat itu saya berpikir bagaimana caranya agar saya bisa berbagi pengetahuan kepada banyak orang dengan cara yang efektif. Saat itu saya sadar, mengapa tidak memanfaatkan blog saja sebagai media untuk menyebarkan informasi dan teknologi seputar pertanian.

Itu sebabnya sejak tanggal 13 Agustus 2014 lalu, saya mulai membuat blog baru dengan tagline Menghijaukan Bumi Melalui Tulisan yang bermuatan khusus mengenai green activity. Doakan semoga saya istiqomah ya soalnya saya masih tetap saja ikutan lomba atau membiarkan artikel non green activity berkeliaran di blog tersebut hehe. InsyaaAllah tulisan berbau pertanian, lingkungan, forestry dan teman-temannya juga akan sering dimuat pada blog tersebut.

alasan-ngeblog

6. Merekam Jejak Petualangan (2016-Sekarang)

Entah sejak kapan blog yang bertujuan menghijaukan bumi terlalu banyak bercampur dengan tulisan ketika berpetualang ke beberapa gunung. Saya adalah termasuk orang yang merasa sayang sekali apabila hasil ngetrip atau berpetualang tidak dituliskan dalam blog. Kalau nanti sedang kangen dengan suasana ngetrip, saya bisa membaca ulang tulisan sendiri untuk mengobati kangen. itu sebabnya, saya membuat satu buah blog lagi yang dikhususkan untuk merekam jejak petualangan agar tidak bercampur dengan blog yang dikhususkan bagi kegiatan berbau penghijauan. Blog tersebut adalah evventure.com yang sudah dilaunching pada tanggal 10 Juli 2016 dan akan diupdate seiring dengan kegiatan berpetualang. Doakan semoga lancar ya teman-teman.

7. Alasan Lainnya

Selain enam alasan di atas, apakah masih ada alasan lain kenapa suka ngeblog? Masih ada sih, yang pasti ngeblog itu mengasikkan, karena dapat menulis sesuai kemauan tanpa paksaan. Rasanya akan menyenangkan sekali apabila saya sedang “rajin” ngeblog hingga dapat menghasilkan tulisan di sela-sela waktu tertentu, seperti ada kepuasan batin tersendiri. Ngeblog juga menjadi salah satu bentuk me time yang dapat menghibur saya dikala pusing akan tumpukan tugas.

Saya bersyukur karena pada tanggal 27 Oktober 2016 lalu menjadi hari yang bersejarah bagi para blogger disetiap tahunnya. Hari tersebut menjadi sangat istimewa karena merupakan Hari Blogger Nasional 2016 yang dirayakan oleh seluruh Blogger di Indonesia. Perayaan ini menjadi ajang untuk mengingatkan kembali akan esensi ngeblog dan menjadi blogger itu sendiri. Saya pribadi tidak akan mengatur teman-teman harus bagaimana dan menjadi blogger yang seperti apa. Saya lebih memilih untuk mengembalikannya kepada pribadi masing-masing karena setiap blogger pasti memiliki pemikiran tersendiri dengan gaya uniknya masing-masing. Hanya saja saya memiliki harapan agar Blogger di seluruh Indonesia dapat bersatu baik di dunia maya maupun dunia nyata sehingga tidak ada sekat yang dapat mempersempit tali silaturahim.

hari-bogger-nasional

Nah kawan-kawan, jika sedang jenuh terhadap dunia blogging, coba deh ingat-ingat lagi apa sih alasan teman-teman ngeblog hingga saat ini?. Cara ini ampuh sekali bagi saya untuk membangkitkan semangat yang down agar blog yang kita miliki tidak lumutan akibat jarang diupdate, termasuk ketika mengupdate blog yang satu ini. Saya pribadi sangat berterimakasih kepada orang-orang dan juga blog yang sudah membangkitkan sisi lain dari diri saya pribadi. Kalau tidak ngeblog rasanya saya tidak akan pernah tau kalau saya bisa menulis. Jadi, teman-teman tunggu apa lagi, ayo kita ngeblog sekarang juga!.

About evrinasp

I am an Agricultural Extension Officer, Blogger and Hiker

Discussion

28 thoughts on “7 Alasan Ngeblog dari Masa ke Masa

  1. Mantabh! Memang alasan ngeblog itu juga ikutan dinamis kayak dunia bloggingnya sendiri ya Ev.🙂

    Posted by Orin | November 7, 2016, 1:01 pm
  2. kuakui, soal ngeblog mbak erviba memang juara deh, apalgi sering ikut kompetisi..🙂
    syalut…🙂

    Posted by mysukmana | November 7, 2016, 1:01 pm
  3. semangat buat kita-kita, semoga ga gak kehilangan semangat nge-blog😀

    Posted by kunudhani | November 7, 2016, 1:03 pm
  4. Gw ngeblog cuman mau berbagi bahagia dari setiap perjalanan yg kulewati #Eeap

    Posted by cumilebay.com | November 7, 2016, 1:28 pm
  5. krennn….
    memotivasi sya untuk tetap belajar menulis..

    Posted by Safprada | November 8, 2016, 3:08 am
  6. Ngeblog bikin ketagihan ya mbak

    Posted by Pink Traveler | November 8, 2016, 6:09 am
  7. wah hebat .. dari yang iseng2 .. sampai sering menang lomba blog …. #HebatMba
    kalau saya sih ngeblog karena hobi sepedaan aja .. hehehe .. biar ada dokumentasi aja

    Posted by bersapedahan | November 8, 2016, 7:19 am
  8. wuihiii bener mak bener.. Semangat ngeblog ny ya, Mak🙂 *padahal aku yang jarang ngeblog* hehehe

    Posted by punyapista | November 9, 2016, 9:46 am
  9. Mantaaap, dan terbukti banget bahwa alasan-alasan dirimu ngeblog di atas, akhirnya banyak membuahkan hasil yang positif ya kak. Tetap semangat ngeblog nya, tetap berbagi dan makin berprestasi. Saluuut🙂

    Posted by BaRTZap | November 9, 2016, 7:17 pm
  10. keren lah kmu mbak ev :p

    Posted by Deddy Huang | November 15, 2016, 1:35 am
  11. udah lama banget ya mbk.. aku juga akan semangat ngeblog kalau gitu.. walau baru ngeblog beberapa bulan kemaren

    Posted by saiful anwar | November 16, 2016, 11:43 am
  12. Selamat hari blogger walaupun sudah telat bangat. Senang dech baca pengalaman mu mengenai ngeblog. Secara kemana-mana selalu menemukan namamu sebagai pemenang lomba ngeblog. Salut bangat dech sama dirimu. Tetap semangat yach (ngomong ke diri sendiri juga).

    Posted by adelinatampubolon | November 17, 2016, 8:45 am
  13. hai mbak evrina…aku coba ke blogmu yang adventure, pas mau masukin komen keluar warning Error gitu…hmmm kenapa ya?

    Posted by imeldasutarno | November 30, 2016, 10:40 am
  14. Baru ngeh ternyata punya 2 blog ya mbak. Salut😉 dan setuju semua sama poin2nya. Terutama nambah temen itu. *lopelope🙂

    Posted by omnduut | December 2, 2016, 3:44 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Evrinasp.com

Evventure Blog

Kumpulan Emak Blogger

kumpulan-emak-blogger

Warung Blogger

Photobucket

Blog Stats

  • 426,429 hits

Follow TWITTER

Kicauan TWITTER

Almanak

November 2016
M T W T F S S
« Sep    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
%d bloggers like this: